Cara Merawat Kura-Kura Di Rumah Agar Sehat

Merawat fauna peliharaan ialah salah satu kegemaran menyenangkan. Salah satu fauna yang kini tidak sedikit dipelihara orang ialah kura-kura. Di samping tidak berbahaya, teknik merawat kura kura juga tidak sulit. Kini sejumlah artis tanah air pun merawat dan manfaat kura-kura di rumahnya. Beberapa artis yang merawat di kura-kura, di antaranya ialah Lucky Hakim, Irfan Hakim, dan Desta. Memelihara kura-kura di lokasi tinggal menjadi pekerjaan yang menyenangkan sebab sejumlah keunikannya.

Hewan yang mempunyai umur yang panjang ini rupanya dapat diajak bermain, lo. Kamu dapat menyentuh dan memegang langsung kura-kura tanpa mesti cemas digigit. Bermain bareng kura-kura dapat menjadi pekerjaan menyenangkan, khususnya ketika anda harus di lokasi tinggal saja ketika pandemi Covid-19 laksana sekarang. Tertarik guna memeliharanya? Dilansir dari petpintar.com, berikut sebanyak tips teknik merawat kura kura supaya tumbuh baik dan sehat.

Deretan Cara Merawat Kura Kura yang Wajib Diketahui

  1. Cara Merawat Kura Kura dengan Mempelajari Karakteristiknya

Cara mengasuh kura kura yang baik ialah dengan mengenai ciri khas kura-kura yang dipelihara supaya tidak salah dalam memperlakukannya. Secara umum, terdapat tiga jenis kura-kura, yakni kura-kura amfibi, kura-kura darat, dan kura-kura akuatik. Jika memilih kura-kura akuatik, anda harus menyiapkan akuarium atau empang karena fauna ini hanya dapat hidup dalam air.

  1. Cara Merawat Kura Kura dengan Menyiapkan Kandang

Cara mengasuh kura kura supaya bisa hidup dengan nyaman ialah dengan menyiapkan kandang yang cocok dengan ukuran tubuhnya. Semisal andai kamu merawat kura-kura akuatik, maka anda harus membuat empang atau menyiapkan akuarium. Besar empang atau akuarium juga harus anda sesuaikan dengan ukuran tubuh kura-kura agara fauna tersebut dapat bergerak dengan nyaman. Jika anda memelihara kura-kura darat, lumayan siapkan wadah yang cocok dengan ukurannya. Namun andai kura-kura telah tumbuh besar, anda perlu menyiapkan kandang yang lebih besar. Di sela masa-masa luang, anda juga dapat mengajak kura-kura bermain dengan melepaskannya di halaman rumah.

  1. Jumlah Kura-Kura yang Dibeli

Cara mengasuh kura-kura selanjutnya ialah dengan tidak membiarkannya kesepian. Sangat dianjurkan kamu melakukan pembelian kura-kura paling tidak sepasang supaya kura-kura itu mempunyai teman. Namun, andai harganya lumayan mahal laksana kura-kura darat, kamu dapat membeli satu ekor terlebih dulu. Setelah sejumlah bulan dan tabungan anda sudah cukup, segeralah melakukan pembelian satu ekor lagi supaya kura-kura peliharaan anda tidak kesepian.

  1. Cara Memberi Makan Kura-Kura

Agar tumbuh baik, anda haru memberi santap kura-kura secara teratur. Kamu dapat membeli pelet atau makanan kura-kura di toko fauna peliharaan. Agar kura-kura tetap sehat, anda juga dapat memberikan kura-kura makanan lain, seperti ikan gupi, cacing, belalang, jangkrik. Di samping itu, berikanlah sayuran seperti selada atau wortel sebagai pelengkap makanan kura-kura. Jika kura-kura masih bayi, disarankan untuk memberi santap satu kali sehari. Berikanlah makanan tersebut pada pagi hari. Namun andai kura-kura telah dewasa, kamu dapat memberikan santap dua kali sehari. Jika merawat kura-kura akuatik, letakkan makanan di dalam air. Sekitar lima menit setelahnya, ambillah saldo makanan dari dalam air memakai jaring supaya akuarium tetap bersih. Sementara guna kura-kura darat, lumayan letakkan makanan dalam mangkuk. Taruhlah mangkuk tersebut di kandang kura-kura.

  1. Menjemur Kura-Kura

Cara merawat fauna yang satu ini supaya tetap sehat ialah dengan teknik menjemurnya di bawah sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari dapat menolong pertumbuhan cangkang kura-kura dan menangkal penyakit. Durasi penjemuran kura-kura yang ideal ialah sekira 15-20 menit. Alternatif lainnya andai memelihara kura-kura dalam ruangan, kamu dapat menjemurnya di bawah sinar lampu UV.

  1. Membersihkan Kandang Kura-Kura

Cara mengasuh kura kura supaya terhindar dari penyakit ialah dengan teknik rajin mencuci kandangnya. Kamu dapat membersihkan kandangnya masing-masing tiga minggu sekali. Jika anda memelihara kura-kura akuatik, gunakanlah jaring untuk mencuci kotoran di akuarium atau kolam. Kemudian, gantilah 25% air dalam akuarium masing-masing minggu.

  1. Memeriksa Tanda Penyakit Kura-Kura

Untuk mengawal kesehatan kura-kura, kamu dapat melihat fenomena penyakit pada fauna peliharaan tersebut. Pastikanlah bahwa kulit dan tempurungnya terasa lembut dan tidak terdapat tanda lepuh atau noda. Kemudian periksalah kotoran pada mata, hidung, dan paruhnya. Meski secara umum kura-kura ialah hewan yang sehat, tetapi fauna peliharaan ini rentan terhadap infeksi, malnutrisi, dan masalah mata. Jika anda melihat fenomena tak wajar, segeralah bawa kura-kura itu ke dokter hewan.

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467

About admin

Leave a Comment

Previous

Website Teknologi di Indonesia Wajib Kamu Kunjungi

Distributor Kios Pulsa Murah dan Terpercaya

Next